PIT VIII HPMI 2025 JAKARTA

Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) VIII - Himpunan Perawat Manajer Indonesia (HPMI)

Pertemuan untuk para perawat dan perawat manajer hadir kembali!

 

Ayo bergabung dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-VIII HPMI

 

Tema:
"Peran dan Tanggung Jawab Perawat Manajer dalam Pemenuhan Kesejahteraan/ Well-being Perawat untuk Meningkatkan Kinerja Layanan Kesehatan"
Karena kesejahteraan perawat adalah kunci keberhasilan layanan kesehatan yang lebih baik. 

 

🗓️ 11–12 Juli 2025
📍 Jakarta

 

Seminar, Jumat 11 Juli 2025 (daring)
Workshop, Sabtu  12 Juli 2025 (luring)

 

⏳Investasi:

  • Seminar 50k
  • Seminar, Workshop 250k (plus dapat mengikuti Lomba/ HPMI Award)

 

Bank BTN 0118201500009816 a.n Himpunan Perawat Manajer Indonesia

 

✏️Pendaftaran mulai 26 Mei 2025: https://s.id/pendaftaran-PIT-VIII-HPMI-2025
 
Contact Person:
Lyana 082112034243
Ratu 081295955877

 

🎉 Fasilitas
Hospital visit, Sertifikat, Seminar, Workshop dan HPMI Award

 

💷 Biaya Kegiatan per Peserta: 
1. Menginap Rp. 3.500.000,- 
2. Tanpa Menginap:  Rp. 3.000.000,- 

 

💰 Pembayaran
Bank Mandiri No. Rekening 1120016939022 a.n. HPMI Sumsel

 

📌 More Info:
Amalia 082175442619
Sekretariat (chat only)  085769772628

Menyatukan Langkah di Sisi Pasien: Integrasi Metode Primer, PCC, dan TCAB sebagai Pilar Baru Keperawatan, HPMI Dorong Transformasi Pelayanan yang Lebih Humanis dan Terstruktur di Rumah Sakit

 

Jakarta, 12 Juli 2025 — Pelayanan keperawatan tengah memasuki fase transformatif. Tak hanya dituntut memberikan asuhan klinis yang presisi, perawat kini harus menjadi mitra sejati pasien—hadir secara emosional, komunikatif, dan terkoordinasi dalam setiap langkah perawatan. Inilah semangat yang diangkat dalam Workshop "Implementasi Integrasi Metode Keperawatan Primer dengan Prinsip Patient Centered Care (PCC) dan Pendekatan Transforming Care at The Bedside (TCAB)" yang diselenggarakan Himpunan Perawat Manajer Indonesia (HPMI) dalam rangkaian PIT VIII, Sabtu (12/7) di Jakarta.

 

Kegiatan ini dirancang untuk memperkuat kompetensi manajer keperawatan dalam merancang sistem asuhan yang menyatu antara tanggung jawab profesional, komunikasi tim, serta nilai-nilai kemanusiaan dalam perawatan. Pendekatan TCAB dan PCC bukan hanya metode, melainkan filosofi kerja yang menjadikan pasien sebagai pusat perhatian, dan perawat sebagai penggerak utamanya.

“Perawat tidak cukup hanya hadir secara fisik. Ia harus mampu menjadi pemimpin yang menyatukan langkah di sisi pasien—dengan akal sehat, empati, dan kerja tim yang solid,” tegas Dr. Didin Syaefudin, S.Kp., SH., MARS, Ketua Pengurus Pusat HPMI saat membuka kegiatan.

 

Melalui metode keperawatan primer, satu perawat ditetapkan sebagai penanggung jawab utama bagi sekelompok pasien selama masa rawat. Tugas ini tidak hanya memastikan kontinuitas layanan, tetapi juga membangun relasi yang lebih personal. Integrasi prinsip Patient Centered Care (PCC) mendorong keterlibatan aktif pasien dan keluarga dalam pengambilan keputusan, sementara pendekatan Transforming Care at the Bedside (TCAB) memperkuat praktik kolaboratif, komunikasi terstruktur seperti bedside handover dan SBAR, serta inovasi pelayanan harian yang berdampak langsung bagi pasien.

 

Peserta workshop diajak membedah kasus nyata dan menyusun rancangan program pengembangan metode primer berbasis PCC dan TCAB yang siap diimplementasikan di unit kerja masing-masing. Dengan pendekatan ini, HPMI berharap munculnya budaya pelayanan yang tidak hanya efisien dan efektif, tetapi juga manusiawi, terukur, dan berkelanjutan.

DOKUMENTASI WEBINAR

Page title